Penerimaan CPNS 2021 dan PPPK 2021

Pada tahun 2021 ini Pemerintah berencana membuka rekrutmen 1 juta guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ( PPPK).  Menurut Kepala BKN Bima Haria Wibisana,  seleksi  PPPK (P3K) dilakukan karena masih banyak sekolah yang kekurangan guru. Untuk formasi penerimaan guru berstatus CPNS pada 2021, Bima mengatakan bahwa tidak benar informasi yang menyebutkan bahwa penerimaan guru CPNS tidak ada lagi.  Menurutnya, rekrutmen guru CPNS 2021 memang ditiadakan, karena fokus tahun ini hanya untuk PPPK sebanyak 1 juta orang.

  Bima Haria Wibisana menjelaskan, guru berstatus PNS tetap diperlukan, akan tetapi jumlahnya sedikit. Beberapa formasi yang membutuhkan status PNS antara lain kepala sekolah dan pengawas. "Kepala sekolah, pengawas, statusnya guru tapi harus PNS. Tidak semua guru statusnya akan PPPK. Rekrutmen PPPK 2021 disebut terbesar, jumlah rekrutmen 2021 adalah yang terbesar, tak hanya di Indonesia, tapi juga dunia. "5 kali lipat dari yang biasa kami lakukan. Saya rasa ini rekor, tak hanya di Indonesia, tapi rekor dunia".

 Sebelumnya diberitakan, BKN memastikan tidak ada penerimaan guru dengan status Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada CPNS 2021. "Sementara ini Bapak Menpan, Bapak Mendikbud, dan kami sepakat bahwa untuk guru itu akan beralih menjadi PPPK jadi bukan CPNS lagi," kata Bima melalui konferensi pers virtual, 29 Desember 2020

   Mendikbud Nadiem Makarim pada Selasa (5/1/2021) memastikan lewat instagram-nya @nadiemmakarim bahwa formasi CPNS guru ke depan akan tetap ada. "Ingin saya koreksi mispersepsi di media bahwa tidak ada lagi formasi CPNS untuk guru, ini salah dan tidak pernah menjadi kebijakan Kemendikbud,Saya menegaskan bahwa formasi CPNS guru ke depan akan tetap ada karena kebijakan ini akan sejalan dan saling melengkapi dengan perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)," . Namun, ia menyebut bahwa pada tahun ini, 2021, pemerintah memang akan fokus merekrut guru honorer sampai dengan kapasitas satu juta lewat jalur PPPK. "Kami mendorong agar para guru honorer serta lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) melamar lewat jalur PPPK,".

Posting Komentar untuk "Penerimaan CPNS 2021 dan PPPK 2021"