Tidak Ada Penerimaan CPNS 2022

Pemerintah akhirnya memutuskan tidak membuka peneriman CPNS 2022, dan  hanya akan berfokus untuk pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK/P3K) tahun 2022.

Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) telah menyatakan tidak ada penerimaan CPNS di tahun 2022. MENPANRB Tjahjo Kumolo menyampaikan bahwa di tahun 2022 ini, pemerintah hanya akan merekrut PPPK.Pemerintah fokus melakukan rekrutmen PPPK, dan di tahun ini, formasi untuk CPNS tidak ada. Untuk itu, berbagai kebijakan tengah disusun sebagai dasar kebijakan dalam pelaksanaan Seleksi CASN tahun 2022 ini,

Kebijakan untuk merekrut PPPK seperti kebijakan yang diimplementasikan oleh beberapa negara maju. Kebijakan tersebut adalah jumlah ASN yang jumlah civil servant atau pembuat kebijakan (PNS) lebih sedikit, dan jumlah government worker/public services (PPPK) lebih banyak.

Keputusan rekrutmen PPPK pada tahun 2022 ini telah tertuang dalam Surat Menteri PANRB No. B/1161/M.SM.01.00/2021 tertanggal 27 Juli 2021 perihal Pengadaan ASN Tahun 2022. 

Adapun Seleksi CASN 2022 akan difokuskan untuk merekrut tenaga pendidik, tenaga kesehatan, dan tenaga penyuluh.

Selain kebijakan untuk pelaksanaan Seleksi CASN 2022, pemerintah juga tengah menyusun kajian sebagai dasar regulasi untuk mengatur kriteria mengenai jabatan yang dapat diisi oleh PNS dan PPPK. Ke depannya, kebijakan ini akan mengatur mengenai jabatan yang secara spesifik dapat diisi oleh PNS dan PPPK.

Seleksi CASN Tahun 2022 difokuskan pada tenaga pelayanan dasar kependidikan (Guru) dan tenaga pelayanan kesehatan.

Tjahjo juga menyebutkan bahwa pertimbangan lain untuk tidak membuka formasi CPNS pada Seleksi CASN 2022 adalah mengenai keterbatasan waktu. Disebutkan bahwa rangkaian pelaksanaan seleksi CPNS relatif membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan PPPK, sehingga dikhawatirkan tidak akan selesai tepat waktu jika membuka formasi CPNS pada tahun ini.

Namun, bukan sepenuhnya formasi CPNS dihilangkan dalam Seleksi CASN Tahun 2022. Formasi CPNS masih tetap dibuka melalui skema sekolah kedinasan. Formasi CPNS juga dapat dibuka kembali secara terbatas pada tahun 2023 yang tentunya mengikuti arah kebijakan untuk tahun 2023 serta dengan kejelasan kriteria bagi formasi jabatan yang akan dibuka untuk skema CPNS maupun PPPK.

 PNS maupun PPPK sebenarnya adalah hal yang sama. Keduanya sama-sama berstatus ASN (Aparatur Sipil Negara). Jika dilihat dari jumlah tunjangan dan gaji yang diterima sama saja. Jadi bagi yang mengincar pembukaan CPNS 2022 pada tahun ini tidak perlu berkecil hati, masih ada PPPK.

>> Cek besaran Gaji PPPK (Gaji P3K) disini 




Posting Komentar untuk "Tidak Ada Penerimaan CPNS 2022"